Manusia dan Kebudayaan (Sesi Pertanyaan)

Jawaban Pertanyaan Kelompok

Dari Kelompok 8. Alfin Harbenus
1. Mengapa kebudayaan Barat dan Timur berbeda, lebih bebas kebudayaan Barat?
=> Perbedaan yang terjadi lebih dikarenakan pada lingkungan dan sudut pandang yang berbeda antara kebudayaan Barat dan kebudayaan Timur. Kepribadian bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Perbedaan juga dikarenakan oleh sistem kepercayaan seperti ideologi, agama, falsafah hidup, dll yang berbeda. 

Dari Kelompok 2. Annisa
2. Kenapa Indonesia termasuk sebagai jalur perdagangan?
=> Karena kedudukan Indonesia yang strategis, yaitu diantara dua benua, Asia dan Australia, dan diantara dua samudra, Hindia dan Pasifik, serta mempunyai sumber daya alam yang melimpah.


Dari Kelompok 5. Surya Ganesha
3. Apa pendapat anda dalam cara mengatasi kebudayaan barat yang masuk ke Negara Kita?
=> Kebudayaan yang masuk ke Indonesia tidak dapat kita cegah, namun dapat dipilah kebudayaan yang baik atau yang buruk. Kebudayaan yang harus kita terima adalah kebudayaan yang masih mengamalkan norma-norma kehidupan, dan tidak menerima kebudayaan yang merusak moral masyarakatnya.

Dari Kelompok 10. Irsan Trigunadi
4. Pada wujud kebudayaan Artefak, apa hubungannya dengan suatu kebudayaan itu sendiri?
=> Kita mengetahui bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang sering kita lakukan atau suatu kebiasaan yang dilakukan terus-menerus sejak zaman nenek moyang kita sebelumnya. Dalam Artefak, biasanya menceritakan tentang gambaran hidup pada masa itu, dari berbagai aktivitas maupun kejadian alam yang terjadi digambarkan didalam artefak. Artefak yang dibuat bisa berupa suatu relief atau patung, berupa lukisan didinding goa, maupun disuatu kertas atau daun. Artefak ini adalah sebuah bukti konkret kebudayaan yang dapat dilihat, diraba, maupun didokumentasikan.

Dari Kelompok 9. Dhita Ayu
5. Apa yang membuat kerohanian pada bangsa Timur lebih kuat dari pada bangsa Barat?
=> Seperti dijelaskan sebelumnya pada nomor 1, perbedaan ini dikarenakan oleh sistem kepercayaan seperti ideologi, agama, falsafah hidup, dll yang berbeda. Suatu lingkungan masyarakat dan lingkungan pergaulan juga salah satu yang paling membedakan kekuatan rohani bangsa Timur dengan bangsa Barat.

Dari Kelompok 7. Very Kurnia
6. Pada kebudayaan adat jawa, kita mengenalnya sebagai kebudayaan yang sopan, apakah kebudayaan lain ada yang lebih sopan dai kebudayaan adat jawa?
=> Semua kebudayaan memiliki nilai yang baik sendiri-sendiri, tidak ada kebudayaan yang tidak baik maupun lebih baik, semua kebudayaan sama baiknya karena pasti semua kebudayaan yang ada di Indonesia mengajarkan tentang kebaikan.

Dari Kelompok 3. Anjasmara
7. Bagaimana cara agar budaya Indonesia tidak hilang saat budaya asing lain masuk?
=> Satu cara yang terpenting adalah selalu mempertahankan budaya Indonesia. Cara yang lainnya dapat dilakukan dengan memilah seperti tadi, yang baik yang masih mengamalkan nilai-nilai kehidupan dan tidak merusak moral atau hal lainnya maka terima budaya itu, tetapi jika tidak maka abaikan kebudayaan buruk itu.

Dari Kelompok 4. Muhammad Rifai
8. Mengapa peperangan menjadi faktor perubahan kebudayaan?
=> Pada peperangan zaman dahulu, benda untuk pertahanan diri masih berupa alat-alat biasa yang dapat dengan mudah dibuat oleh tangan, seberti bambu runcing, panah, dan lain-lain. Namun pada saat peperangan sudah meluas, dibutuhkan alat pertahanan yang dapat dipakai berkali-kali dan mematikan, inilah yang menyebabkan peperangan merupakan faktor kebudayaan, dari alat perang yang berupa bambu runcing, panah, berubah menjadi senjata api, bahan peledak, dll. Disebabkan sebagai faktor perubahan kebudayaan juga dapat dilihat dari peperangan yang juga menjajah daerah lawan perang, dimana kebudayaan asing dibawa masuk ke daerah jajahan para penjajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar