Manusia dan Pandangan Hidup (Resume)

Pandangan Hidup
Semua manusia pastilah memiliki pandangan hidup masing-masing. Entah bagaimana sifat seseorang tersebut. Pandangan hidup memiliki arti sebagai pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia ini. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran seseorang berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Dan memiliki sifat kodrati. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya.
Ideology berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu edios yang artinya gagasan atau konsep dan logos yang berarti ilmu. Pengertian ideology secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Dalam arti luas, ideology adalah pedoman normative yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nila dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi.Lahirnya ideologi itu adalah karena adanya hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk konsep bersistem yang menjadi dasar atau asas teori yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup manusia.

Cita – Cita
Semua orang pasti memiliki sebuah cita-cita. Cita-cita adalah harapan atau impian seseorang yang ingin ia wujudkan kelak saat ia dewasa atau mampu mewujudkan cita-citanya. Walau terkadang cita-cita itu tidak bisa terwujud karna terhalang oleh sesuatu. Tetapi bagi orang yang menganggapnya sebagai tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah yang jelas dan mantap dalam kehidupan ini sehingga ia menjadi sebuah pengembangan diri, namun bagi yang menganggap cita-cita sebagai mimpi maka ia adalah sebuah impian belaka tanpa api yang dapat membakar motivasi untuk melangkah maju. Dan impiannya tersebut hanya menjadi impian belaka selamanya seseorang tersebut tidak mempunyai usaha. Maka wujudkan impian itu dengan usaha dengan membakar semangat yang membara.

Usaha / Perjuangan
Usaha/perjuangan adalah suatu kerja keras yang dilakukan seseorang untuk mencapai sebuah tujuan. Sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan, perjuangan untuk hidup dan ini sudah kodrat manusia. Tanpa usaha/perjuangan manusia tak dapat hidup sempurna. Apabila manusia ingin menjadi kaya, ia harus kerja keras. Bila seseorang ingin menjadi ilmuwan, ia harus rajin belajar dan mengikuti semua ketentuan akademik. Dan semua yang diinginkan akan sia-sia tanpa ada usaha / perjuangan.

Keyakinan atau Kepercayaan
Keyakinan / kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup manusia adalah sebuah pemikiran yang mendasar dan mendalam terhadap suatu hal yang kemudian di anut untuk menjadi pedoman hidup manusia. Keyakinan adalah rasa yang dimiliki akan kepercayaan terhadap seseorang. Intinya adalah, seseorang yang yakin terhadap suatu hal, seseorang tersebut pasti akan percaya. Jika kita yakin dalam satu hal maka kepercayaan akan muncul, keyakinan dan kepercayaan sangan berdampingan dalam hidup. Dan bahkan sulit untuk dipisahkan.

Langkah –Langkah Berpandang Hidup Yang Baik
Pandangn hidup seseorang mungkin berbeda-beda. Maka dari itu, mungkin hanya sebagian orang saja yang melakukan berpandang hidup yang baik. Berikut cara berpandang hidup yang baik :
a. Mengenal
b. Mengerti
c. Menghayati
d. Meyakini
e. Mengabdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar